Yang Baru di Ubuntu 19.04 Disco Dingo

- Kategori: Distro, News,

Yang Baru di Ubuntu 19.04 Disco Dingo

Beberapa jam yang lalu Canonical selaku pengembang distro paling populer merilis versi terbaru distro andalannya dengan nomor versi 19.04 berkode Disco Dingo yang membawa teknologi terkini GNU/Linux dan software open source paling anyar.

Versi ini mendapat dukungan resmi hingga Januari 2020. Jika anda menginginkan dukungan lebih lama, sebaiknya memilih versi LTS (long term support) 18.04. Tetapi bagi yang menyukai tantangan dan senang gonta-ganti, rilis ini sulit dilewatkan.

Yang Baru di Disco Dingo

Fitur yang paling penting di rilis ini mungkin adalah kernel terbaru, Linux 5.0, yang mendukung hardware terbaru seperti AMD Radeon RX Vega M GPU, Raspberry Pi 3 Model B+, Qualcomm Snapdragon 845 SoC, juga GPU Intel Cannon Lake.

Kernel ini juga menambah perbaikan berarti pada USB 3.2 dan Type-C, dan penghematan penggunaan daya, termasuk juga dukungan KVM untuk AMD Secure Encrypted Virtualization, dukungan penggerak P-State untuk server Skylake X, dukungan kunci proteksi memori pada mesin berarsitektur POWER dan dukungan zcrypt pada sistem IBM Z.

Dari sisi tampilan, Disco Dingo kini menggunakan Gnome Desktop 3.32 yang menyuguhkan animasi startup lebih halus, frame rate lebih tinggi, pengurangan load GPU dan CPU, fractional scaling untuk layar HiDPI/4K baik pada X.org server maupun sesi Wayland, juga integrasi yang lebih baik pada VMWare untuk berbagi berkas dan clipboard.

Masih dari sisi tampilan, dikenalkan juga tema ikon baru dan perbaikan tema standarnya Yaru, opsi Safe Graphic Mode saat boot untuk menjalankan dengan parameter NOMODESET pada kartu grafis yang tidak didukung sehingga anda bisa memasang penggerak yang sesuai, dan berbagai perbaikan desktop untuk membuat pengalaman anda menggunakan Ubuntu menjadi lebih menyenangkan.

Di belakang layar, Ubuntu 19.04 Disco Dingo menyertakan GCC (GNU Compiler Collection) 8.3 terbaru sebagai standar dengan pilihan GCC 9, Python 3.7.3, OpenJDK 11, Glibc 2.29, Boost 1.67, Perl 5.28.1, Ruby 2.5.5, Golang 1.10.4, PHP 7.2.15, dan rustc 1.31.

Ubuntu 19.04 Disco Dingo sudah bisa diunduh dari situs resminya atau dari situs cermin Indonesia seperti Biznet dan Data Utama. Bagi pengguna Ubuntu 18.10, anda bisa melakukan upgrade dari sistem yang sudah berjalan.

Arief
Arief Tukang tulis, tukang mengkhayal, tukang sablon, tukang mie ayam, tukang ojek, sekarang nyoba nulis di blog ini. Kali aja bisa. Amiin...
comments powered by Disqus