Debian Stretch 9.8 sudah bisa diunduh

- Kategori: Distro, News,

Debian Stretch 9.8 sudah bisa diunduh

The Debian Project kemarin (16/2) merilis versi terbaru sistem operasi mereka, Debian GNU/Linux 9.8 (Stretch), dan sudah menyediakan citra ISO untuk instalasi dan live untuk semua arsitektur yang didukungnya.

Debian GNU/Linux 9.8 adalah rilis ke-delapan dari seri sistem operasi Debian GNU/Linux 9 “Stretch”. Berisi tidak kurang dari 186 perbaikan dan peningkatan keamanan. Citra ISO untuk instalasi dan live bisa diunduh dari situs resminya, atau bagi pengguna Indonesia bisa menggunakan mirror yang ada di dalam negeri untuk mempercepat unduh, seperti dari PENS, Data Utama, atau UI (saat tulisan ini dibuat, ISO Debian 9.8 masih belum ada).

Versi live tersedia dalam lima edisi yang berbeda untuk tiap Dekstop Environment, yaitu KDE Plasma, GNOME, Xfce, LXDE, MATE dan Cinnamon, yang masing-masingnya mendukung arsitektur hardware 32-bit dan 64-bit. Sementara citra ISO untuk instalasi hanya tersedia satu yang bisa digunakan untuk semua arsitektur dan seri, yaitu 32-bit (i386), 64-bit (amd64), ARM64 (AArch64), Armel, ARMhf, MIPS, MIPSel (MIPS Little Endian), MIPS64el (MIPS 64-bit Little Endian), PPC64el (PowerPC 64-bit Little Endian), dan s390x (IBM System z). Termasuk juga multi-arsitektur amd64 dan i386.

Upgrade

Bagi yang sebelumnya sudah menggunakan Debian 9.x, peningkatan sistem (upgrade) bisa dilakukan langsung tanpa perlu mengunduh citra ISO dengan menjalankan sudo apt update && sudo apt dist-upgrade dari Terminal.

Sumber: Debian.org

Arief
Arief Tukang tulis, tukang mengkhayal, tukang sablon, tukang mie ayam, tukang ojek, sekarang nyoba nulis di blog ini. Kali aja bisa. Amiin...
comments powered by Disqus