Rilis Mozilla Firefox 66, kurangi gangguan online

- Kategori: News,

Rilis Mozilla Firefox 66, kurangi gangguan online

Mountain View, idFOSS - Geliat Mozilla Firefox untuk kembali merebut dominasi pasar browser terus bergerak. Setelah pada versi sebelumnya memperbaiki kecepatan kinerjanya, kini Mozilla sebagai pengembang Firefox merilis versi terbaru, Mozilla Firefox 66.0 kemarin (19/3) waktu AS atau pagi tadi waktu Indonesia.

Dikutip dari mozilla.org, versi terbaru ini membawa perubahan yang cukup berarti menjadi browser yang lebih ramah bagi manusia, di antaranta dengan mengurangi gangguan saat anda berselancar di internet, seperti misalnya mencegah video dan audio diputar secara otomatis. Tetapi bagi yang memang sengaja membuka browser untuk menonton multimedia seperti streaming, bisa dibuat daftar pengecualian situs yang diinginkan.

Hal baru lain adalah sistem pencarian, dimana kita bisa melakukan pencarian lebih cepat saat membuka banyak tab karena kita bisa melakukan pencarian pada semua halaman tab yang terbuka lewat menu overflow tab. Pencarian yang lebih mudah juga berlaku pada saat moda privat.

Kinerja yang lebih baik juga ditawarkan bagi para pengguna ekstensi (penambah fitur). Ekstensi kini disimpan dalam database Firefox dimana sebelumnya dalam berkas JSON terpisah, sehingga sekarang bisa membuka halaman lebih cepat.

Perbaikan kinerja juga dilakukan pada scrolling halaman, tombol pintas (shortcut) di about:addons agar lebih mudah diakses, perbaikan penjelasan pada halaman kesalahan sertifikat SSL.

Tergantung pada sistem operasi yang anda gunakan, terdapat perubahan berikut:

Mac OS

  • Dukungan dasar untuk macOS Touch bar

Windows

  • Dukungan untuk Windows Hello pada Windows 10 sehingga anda bisa menggunakan pengenalan wajah, sidik jari atau kunci keamanan lain untuk melakukan otentikasi ke sebuah situs.

Linux

  • Pada Gnome, title bar secara standarnya disembunyikan sehingga tampilannya akan sama dengan jendela aplikasi lainnya.

Sumber: Mozilla.org

Arief
Arief Tukang tulis, tukang mengkhayal, tukang sablon, tukang mie ayam, tukang ojek, sekarang nyoba nulis di blog ini. Kali aja bisa. Amiin...
comments powered by Disqus